Analisis Kebutuhan Pelatihan dan Evaluasi Pasca Pelatihan sebagai Pondasi ASN Kemenag Profesional
(Kamis, 25 November 2021)
ASN merupakan asset pemerintah yang terdiri dari PNS dan NON PNS khususnya di Lingkungan Kementerian Agama. Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Denpasar yang merupakan Lembaga Pelatihan yang bertugas memberikan penguatan kompetensi untuk pembentukan ASN yang professional. Program pelatihan merupakan pondasi utama dalam sebuah kegiatan pelatihan oleh karena itu sebagaimana dijelaskan di atas untuk menghasilkan diklat yang baik maka terlebih dahulu dilakukan Analisis Kebutuhan Pelatihan (AKP) agar kegiatan diklat tepat sasaran antara peserta dengan program yang akan dijalankan. AKP merupakan langkah awal perencanan program diklat yang diperlukan untuk menemukenali kesenjangan antara kompetensi yang dipersyaratkan dengan kompetensi yang dimiliki oleh ASN dalam melaksanakan tugas jabatannnya. AKP merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka mengidentifikasi kompetensi yang masih kurang dikuasai dan perlu ditingkatkan/dibangun melalui diklat dengan mengidentifikasi substansi materi pokok diklat (Knowledge, Skill, Attitude) yang relevan dan mendukung dalam pelaksanaan tugas setiap unit kerja di masing-masing komponen di lingkungan kerja yang menjadi stakeholder kami, yaitu lingkup Kementerian Agama di Provinsi Bali, NTB dan NTT.
Oleh karena itu Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar memerintahkan jajarannya untuk menggali informasi kebutuhan pelatihan, salah satunya di wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabanan. Selain memberikan informasi melalui media elektronik (email dan wa), TIM yang diberi penugasan untuk mensosialisasikan dan memotret secara langsung kebutuhan pelatihan sekaligus evaluasi pasca pelatihan alumni pelatihan yang diselenggaran oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Denpasar. Salah satu Madrasah yang kami kunjungi adalah Yayasan Al-Amin, yang terdiri dari RA, MI, MTS, dan MA. Kami sangat diterima baik oleh jajaran civitas madrasah sehingga informasi ini dapat diterima dengan baik, sehingga harapannya kebutuhan stakeholder di tahun 2022 dan 2023 dapat dipetakan melalui program AKD ini. Selain AKD kami juga mendapatkan evaluasi alumni melalui Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP) yang diiisi melalui tautan berdasarkan Surat Kabalai No B-1577/Bdl.11/KP.02.2/11/2021 tanggal 23 November 2021. Informasi instrumen tersebut stakeholder dapat ikut serta berpartisipasi mengisinya dengan tautan link sebagai berikut:
- Analisis Kebutuhan Pelatihan : https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/halaman/akp
- Evaluasi Pasca Pelatihan : https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/halaman/evaluasipasca-pelatihan
Semoga dengan adanya program Analisis Kebutuhan Pelatihan (AKP) dan Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP), dapat mewujudkan pelatihan yang berkualitas dan pada muaranya mewujudkan ASN yang professional. Tak lupa kami mengucapkan SELAMAT HARI GURU tanggal 25 November 2021.