Rapat Persiapan DJJ dan Halal Bihalal BDK Denpasar
  • 26 Mei 2020
  • 458x Dilihat
  • Berita

Rapat Persiapan DJJ dan Halal Bihalal BDK Denpasar

Pada tanggal 26 Mei 2020 dilaksanakan Rapat persiapan pelaksanaan Diklat Jarak Jauh (DJJ) yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2020. Pelaksanaan rapat persiapan ini dilaksanakan bersamaan dengan acara Halal Bihalal setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri bagi keluarga BDK Denpasar yang melaksanakan.  Pelaksanaan Halal Bihalal dan Rapat persiapan ini dimoderatori oleh Bp. Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balai Diklat Keagamaan Denpasar. Pada Kesempatan tersebut Bapak Kasi Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Memberikan kesempatan kepada Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar, Dr. H. Japar, M.Pd untuk memberikan pengarahan terkait pelaksanaan diklat jarak jauh yang akan diselenggarakan. Adapau beberapa poin pesan beliau, yaitu :

  1. Ke depan akan lebih banyak diselenggarakan diklat Jarak Jauh (DJJ) dengan komposisi 70%. Sisanya yaitu pelaksanaan DDWK (30%)
  2.  Kepada Bapak perencana agar lebih mematangkan anggaran perencanaan diklat karena ada tambahan pelaksanaan diklat jarak jauh
  3.  Agar panitia lebih mengasah diri atau meningkatkan kompetensi sebagai panitian DJJ
  4. Kepada WI agar  segera membuat video pembelajaran dan dilaporkan kepada Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar
  5. Agar ditetapkan WI yang menyiapkan video pembelajaran sesuai diklat, sehingga akan memperlancar pelaksanaan diklat Jarak Jauh. WI tidak harus membuat video pembelajaran setiap ada diklat. Contoh : Ditetapkan WI yang membuat video untuk diklat RPP, Model-model Pembelajaran, Penilaian, PTK, Media Pembelajaran
  6. Agar dibayarkan uang transport bagi pegawai yang work form office, khususnya bagi kegiatan yang tidak bisa dikerjakan dari rumah. yang penting apa saja kegiatan yang dilakukan selama work from office dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

 

Pada kesempatan rapat tersebut tim IT BDK Denpasar, yaitu Nurah suariana dan Cery memberikan beberapa informasi terkait kesiapan server untuk mendudkung pelaksanaan DJJ. Adapun hala-hala yang disampaikan, yaitu :

  1. BDK sudah punyaserver sendiri untuk membantu kelancaran pelaksanaan DJJ. Server ini akan digunakan pada saat pelaksanaan DJJ bersamaan dengan server yang disewa selama untuk pelaksanaan DJJ sebelumnya. Harapannya agar server ini bisa menghanddle lebih banyak peserta diklat.
  2. Peserta yang baru jadi panitia DJJ wajib  mendaftar sehingga didapatkan user name dan password. Paniti wajib menyiapkan rumah untuk pelaksanaan DJJ dan haru mengenroll peserta dan WI yang mengampu diklat tersebut.

Pada kesempatan tersebut ada beberapa masukan dari beberapa WI, diantaranya, yaitu :

  1. Perlu dicek format penilaian yang digunakan baik untuk WI maupun panitia, karena format yang digunakan sekarang masih format yang dulu, dimana tidak relevan dengan pelaksanaan DJJ
  2. Perlu diatur jadwal pelaksanaan chatting/diskusi agar tidak bersamaan sehingga tidak membuat kinerja server lambat.