Rapat On Line Work From Home
Rapat Online Laporan Pelaksanaan Work From Home (WFH)
I. Peserta Rapat:
1. Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar (Dr. H. Japar, M.Pd.)
3. Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
4. Plt. Kasi Diklat Tenaga Administrasi
5. Koordinator Widyaiswara (Bapak Haris Budi Santosa)
6. Widyaiswara (Ibu Wayan Silawati)
7. Widyaiswara (Bapak H. Sugeng Sudarsono)
8. Widyaiswara (Ibu Hj. Sifa)
9. Widyaiswara (Bapak H. Kusyamto)
10. Widyaiswara (Ibu Eny Sudaryanti)
11. Widyaiswara (Bapak Agus Suarjana)
12. Widyaiswara (Bapak Bambang)
13. Widyaiswara (Bapak Muh. Hisan)
14. Widyaiswara (Bapak I Wayan Iwantara)
15. Widyaiswara (Bapak I Wayan Arya Adnyana)
16. Widyaiswara (Bapak Wachidun)
17. Widyaiswara (Ibu Sukmawati)
18. Widyaiswara (Ibu Kibtiyah)
19. Widyaiswara (Ibu Ni Made Sri Agustini)
20. Widyaiswara (Ni Made Riani)
21. Widyaiswara (Ibu Amalia Puspayanti)
22. Widyaiswara (Ibu Ni Made Widiastuti)
23. Perencana (Bapak Dedy Nur Prasetya)
24. Bendahara (Ibu Yunita Dastrini)
25. Pengelola Keuangan (Ibu Hillaliah)
26. Pengelola Keuangan (Ibu Fenty Herlina Sari)
27. Pengelola Keuangan (Ibu Ririn Dwi Agustin)
28. Pengelola Keuangan (Bapak Ali Masyudi)
II. Waktu/Tempat:
1. Hari/Tanggal: Jumat, 27 Maret 2020
2. Tempat : Via On Line (Zoom Cloud Meeting)
3. Waktu : 10.00 wita s.d selesai
III. Agenda Rapat:
Rapat Evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas secara online (tugas WFH)
Rapat di pandu oleh Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Bapak Ahmad Zaeni, S.Ag., MAP).
IV. Arahan Kepala Balai (Dr. H. Japar, M.Pd.)
1. Serapan anggaran 22,81% dengan target sebesar 25%
2. Seluruh pegawai diharapkan memeberikan laporan kepada atasan langsungnya selama WFH
3. Widyaiswara harus mampu melaporkan Kinerja per 31 maret melalui koordinator Widyaiswara, begitu juga kepada pejabat-pejabat eselon IV dan Kepala Balai pun melaporkan kinerjanya ke Ka Badan.
4. Revisi anggaran agar tidak mengurangi pencapain output sehingga perencana harus meyisir anggaran-anggaran mana saja yang bisa direvisi
5. Target BDK Denpasar berjumlah sekitar 900 juta bisa tercapai
V. Sesi penyampaian laporan pelaksanaan tugas secara online (tugas WFH) sebagai berikut:
1. Widyaiswara (Bapak Haris)
- Menindaklanjuti dan merampungkan penilaian Diklat di Sumba Barat Daya (sebelum Nyepi)
- Melakukan revew terhadap tugas-tugas peserta dan memberikan pengutan dari widyaiswara
- Menyusun KTI berjudul Persepsi Peserta Diklat terhadap Regulasi Penyederhanaan RPP
2. Widyaiswara (Ibu Eny Sudaryanti)
- Mengisi laporan kinerja melalui Si Eka sesuai Jadwal DDWK Diklat Teknis Substantif Penyuluh Agama Non PNS di Kantor Kemenag Kab. Nagekeo tgl 16 - 21Maret 2020,
- Merevisi Bahan Ajar Mata Diklat Penyuluh Non PNS dan Moderasi Beragama.
- Menyusun Buku kedua yang berjudul Homeletika (Teknik Berkotbah)
Masih 40% penulisannya.
3. Widyaiswara (Bapak I Wyana Arya Adnyana)
- Membaca hasil Proposal diklat, menginput nilai pengetahuan, ketrampilan dan knowledge, nilai RTL
- Verifikasi kepada ahli, guru dan yang berkepentingan dengan kurikulum Dharmagita
- Membaca dan membuat garis besar tentang buku, jurnal dan majalah.
4. Widyaiswara (Bapak I Wayan Iwantara)
- Memantapkan lembar kerja terkait RPP baru
- Memuat berita di web terkait pelaksanaan DDWK
- Menyiapkna pendaftaran om line
- Mengabdate foto-foto di web kita
- Menyiapkan bahan diklat
5. Widyaiswara (Ibu Amalia Puspayanti)
- Diklat di Sumba Barat sdh tuntas dan tanggapan peserta di clas room tdk ada terkait materi
- Membuat artikel untuk malajah dengan judul Merdeka Belajar RPP Satu Lembar
6. Widyaiswara (Ahmad Hisan)
- Revisi bahan ajar dan bahan tayang Diklat Moderasi Beragama
- Menyelesaikan spanduk Agen Perubahan
- Menyelesaikan Maklumat
- Menyelasaikan alur pendaftaran diklat secara on line
7. Widyaiswara (Ni Luh Sukmawati)
- Mereview bahan ajar peningkatan kinerja staf,
- Menyusun KTI untuk majalah
- Menyusun surat tugas spmk diklat
8. Widyaiswara (Sri Agustini)
- Selama bekerja dirumah telah menyelesaikan artikel website berjudul " Janji Pada Negeri antara Pulau Adonara dan Solor.
- Menulis artikel Majalah tentang Teknis dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Inklusi
9. Widyaiswara (Bapak H. Sugeng Sudarsono)
- Saya melanjutkan Diklat RPP Dompu dengan kegiatan Pembelajaran on line berbasis Classroom Google, sampai sabtu Senin rekap nilai
- Menulis artikel untuk majalah profesi dengan judul Asesmen Kompetisi Minimum dan Survey Karakter
- Memasukan kinerja di Sieka
10. Widyaiswara (Ibu Kibtiyah)
- Membuat KTI Upaya Moderasi Beragama di Era Digital
- Menyelesaikan penulisan buku bekerjasama dengan Bu Hj. Sifa
11. Widyaiswara (Ni Made Widiastuti)
- Menyiapkan bahan untuk merancang kuesioner
- Menyebarkan kuesioner via on line kepada peserta Pelatihan Peningkatan Kinerja Staf di Kantor Kemenag Kab/Kota Bima tentang motivasi kerja dan peningkatan kinerja.
12. Widyaiswara (Ibu Wayan Silawati)
- Revisi materi bahan ajar Moderasi Beragama
13. Widyaiswara (Ni Made Riani)
- Revisi materi bahan ajar Moderasi Beragama
14. Widyaiswara (Bapak Agus Suarjana)
- Merampungkan penilain terhadap peserta Diklat di Sumba Barat Daya dan sudah dikirim ke panitia
- Berkomunikasi dengan peserta Diklat dan diharapakan Diklat online di Sumba Barat Daya
15. Widyaiswara (Bapak Bambang)
-
16. Widyaiswara (Ibu Hj. Sifa)
- Serapan anggaran agar tetap bisa penuhi target;
- WI agar menyelesaikan pekerjaan sesuai tusi, merevisi bahan ajar, menulis artikel, buku. Target Bpk Kepala tahun ini ada 10 buku terbit dst;
- Tugas tambahan juga perlu dituntaskan seperti majalah, jurnal, web dll;
- TU agar mengantisipasi dan mengatasi COVID-19 seperti menyiapkan tempat cuci tangan;
Tgl 30 ada rapat online terutama yg belum ikut rapat hari ini. Dari kantor diintruksikan agar memberikan anggaran kuota per ASN utk online.
17. Widyaiswara (Bapak Wachidun)
- Sebelum nyepi mengerjakan KTI unk majalah profesi
- Membuat bahan diklat terkait model-model pembelajaran
18. Widyaiswara (Bapak H. Kusyamto)
-Menganalisis Pembelajaran Asah Asih Asuh dan menyiapkan tulisanKTI kualitatif
19. Perencana (Bapak Dedy Nur Prasetya)
- Terkait Instruksi Presiden RI Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 20 Maret 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi anggaran, serta Pengadaan Barang/Jasa dalam rangka Percepatan Penangan Corona Virus-19 sehingga menyisir terkait beberapa hal yang harus dilakukan oleh Eselon II dan Kepala Satuan Kerja dilingkungan Badan Litbang dan Diklat:
1. Melakukan refocussing kegiatan dan realokasi anggaran dalam rangka antisipasi atas penyebaran Covid-19 sesuai matrik terlampir;
2. Segera mengajukan revisi realokasi anggaran kepada Kementerian Keuangan sesuai kewenangannya;
3. Menggunakan anggaran hasil realokasi untuk pengadaan barang dan jasa dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 dilingkungan unit/satuan kerja masingmasing dan masyarakat sekitar, seperti:
a. Penyemprotan lingkungan dan sekitar kampus dengan menggunakan desinfektan;
b. Pembuatan bilik desinfektan untuk pegawai dan tamu dilingkungan kampus;
c. Penyediaan handsanitizer untuk pegawai dan tamu dilingkungan kampus;
d. Pembuatan tempat cuci tangan portable dilingkungan dan sekitar kampus;
e. Pembelian sabun cuci tangan untuk lingkungan dan sekitar kampus;
f. Pembelian Masker untuk pegawai dilingkungan kampus;
g. Pembelian kuota internet untuk pegawai selama bekerja dirumah;
h. Pembelian perangkat diklat jarak jauh (e-DJJ) untuk mengganti model pelaksanaan diklat.
4. Memastikan pelaksanaan refocussing kegiatan dan realokasi anggaran tetap menjaga akuntabilitas;
5. Melaporkan pelaksanaan kegiatan hasil realokasi anggaran kepada Kepala Badan
20. Bendahara (Ibu Yunita Dastrini)
- Serapan di bulan Maret 7,72 %, sedangkan target SK Kaban 8 % jadi kita ada kekurangan lagi 0,28% untuk mencapai target sesuai SK Kaban.
- Pembayaran Diklat yang sebelum tgl 16 s.d 21 Maret (jasa profesi, perjadin, honor panitia, konsumsi) sudah semua terbayar
- Kegiatan Diklat Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Nagekeo dan Dompu untuk perjalanan dinas peserta dan konsumsi sudah terbayar semua, sedangkan jasa profesinya baru Sumba Barat aja yg menyerahkan dokumen ke keuangan.
- Tanggal 27 Maret dalam rangka WHF: mengecek retur perjadin peserta Sumbar, SBD, Dompu dan Nagekeo, membuat billing mengembalian LS Bendahara 24 juta dan menyetorkannya ke kas negara.
- Jasa profesi Sumba Barat berkas masih di kantor sehingga paling cepat Senin baru bisa ditransfer.
21. Pengelola Keuangan (Ibu Hillaliah)
- 18 Maret 2020 masih melaksanakan pekerjaan kantor, verifikasi kuitansi, SPBy terkait kuitansi yang akan dibayar bendahara.
- 20 Maret 2020 masih ada 2 KJM Wi yang belum diproses
- 27 Maret 2020, membuat amprahan kekurangan gaji yang naik pangkat di Bulan Oktober 2019 atas nama Sri Agustini, Amalia Puspayanti, Haris, Hisan, Sugeng dan Eny Sudaryanti.
22. Pengelola Keuangan (Ibu Fenty Herlina Sari)
- 17 Maret 2020 masih melengkapi kuitansi yang akan dibayar bendahara terkait potongan pajak PPH 21
- Kwitansi ATK dan map peserta sudah selesai dengan rekanan
23. Pengelola Keuangan (Ibu Ririn Dwi Agustin)
- Menyusun laporan monitoring evaluasi dan pelaporan terkait kinerja anggaran
- Serapan minggu lalu 1% terkait pemeliharaan kampus 1, prediksi minggu depan terkait serapan adalah belanja pegawai yaitu gaji, tukin dan kekurangan gaji
- Membuat surat permohonan pengajuan SPM ke KPPN terkait perubahan layanan KPPN dg adanya covid 19
- Forcasting rencana pencairan anggaran Minggu depan
24. Pengelola Keuangan (Bapak Ali Masyudi)
- Pemakaian aplikasi pelaporan yg baru bisa di entry, sedang inputing data dari beberapa realisasi anggaran dan kegiatan sampai Januari sudah di input
- Pelaporan SIPPA Balitbang Diklat.
25. Kasubag TU (Bapak H. Ngapirin)
- Kegiatan Sub Bagian tata usaha masih harus dipantau walau hanya beberapa jam saja terkait kebersihan, keamanan dan antisipasi menjaga kesehatan lingkungan dan penjagaan kantor.
26. Plt. Kasi Diklat Tenaga Administrasi
- Tanggal 18 s.d. 19 Maret DL DDWK Perangkat Pembelajaran Kemenag Dompu.
- Tanggal 20-03-20 memantau kegiatan DDWK Dompu (ujian oneline ).
- Tanggal 23-03-20 menyusun nilai peserta DDWK Dompu, Berkoordinasi dgn panitia tentang: pencetakan serifikat, Laporan keuangan dll., Mengunduh aflikasi Inlislite untuk pengelolaan perpustakaan
-Tanggal 27-03-20, Mempelajari aflikasi inlilite
- Melaporkan terkait juga kinerja yang dilakukan Ibu Komang Suitri, Ibu Nurnajemah, Ibu Wayan Seruni, Ibu Giyanti dan Ibu Ayu
27. Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Bapak Ahmad Zaeni)
- Mengecek pendaftar Diklat online sampai tadi pagi keselurnya 364 orang
- Pendaftar paling sedikit di Diklat Aqidah Akhlak MTs yaitu 12 orang
- Pendaftar yang paling banyak ada di Diklat Penyuluh Agama non PNS ada 102 orang.
- Selain itu saya laporkan juga pelaksanaan tugas teman-teman Seksi Diklat Teknis sbb :
a. Laporan Kinerja Ardiwan
16 Maret 2020 DDWK
17 Maret 2020 DDWK
18 Maret 2020 DDWK
19 Maret 2020 DL
20 Maret 2020 menerima dan menyimpan RTL
23 Maret 2020 Rapat evaluasi Diklat periode 16 s.d 21 Maret
27 Maret 2020 menyiapkan surat pengembalian Diklat periode 16 s.d 21 Maret
b. Siti Yulaekah
- Menerima Disposisi Proposal
- Menginput data proposal ke file proposal permohonan Diklat Tahun 2020
- Merekap rencana program kegiatan diklat teknis pendidikan tahun 2020
- Merekap rencana program kegiatan Diklat Teknis keagamaan tahun 2020
- Merekap Jadwal kegitana diklat teknis yang sudah dilaksanakan tahun 2020
c. Ahmad Syahroni
- Menerima 4 proposal dan 1 surat
- Menerima pertanyaan soal diklat yang akan di tunda
- Membuat surat penundaan diklat periode IV
- Mengirim email dan mengkonfirmasi penundaan diklat
- Merapikan berkas dari 2019
- Scan dan upload di drive laporan model2 pembelajaran karangasem
- Kerja bakti di kampus 1
- Menyiapkan nomor sertifikat Diklat periode V
- Konsep data alumni diklat periode V untuk sertifikat
d. Ninik Nur Fadhilah
- Membuat google form untuk alumni diklat periode V
- Membuat surat permohonan No Registrasi alumni peserta diklat periode V
- Menginput data nama diklat dan data peserta diklat di SIPKA LAN
- Meminta nomor registrasi peserta diklat di SIPKA LAN dan mendistribusikan nomor ke google drive diklat teknis serta admin simdiklat BDK Denpasar
- Melayani peserta terkait pendaftaran diklat regular dengan sistem online
- Membuat laporan penyelenggaraan DTS RPP KanKemenag Kota Denpasar dan Kab. Lombok Tengah
- Mencari referensi analisis gerak benda (Kinematika Gerak) menggunakan program tracker,sebagai referensi bahan ajar
- Mempelajari cara mendownload dan menginstall Tracker Vidio Analysis and Modeling Tool, sebagai referensi bahan ajar
e. Ni Luh Nik Sri Astuti :
- Melayani pertanyaan peserta melalui WA tentang pendaftaran online
- Menyelesaikan notulen rapat evaluasi periode diklat tgl. 2 - 7 maret 2020
- Membuat laporan penyelenggaraan DTS Moderasi Beragama Kan Kemenag Kab. Tabanan
VI. Rekomendasi Rapat:
1. Plt Kasi TA diminta untuk koordinasi dengan LKPP untuk pelaksanaan diklat PBJ
2. Kegiatan Diklat yang dipending selama ini, yaitu di Bangli, Gianyar dan Jembrana akan dilaksanakan secara online
3. Widyaiswara agar bisa terbitkan 10 buku tahun ini
4. Perencana untuk mengatur kedepannya setiap pegawai untuk diberikan kuota untuk pelaksanaan rapat online
5. Widyaiswara yang mendapat tugas tambahan sebagai pengelola web, majalah dan jurnal agar tetap melaksanakan tugasnya
6. Kepada pegawai diharapkan melaksanakan tugas selama WFH dari rumah kecuali bagi penjaga kantor dan petugas lainnya yang dibutuhkan instansi
7. Diharapkan kita semua menjaga keehatan dan mematuhi kebijakan dari pemerintah
VII. Rapat ditutup oleh pemandu rapat dengan berdoa bersama.