PENGENDALIAN MUTU PERENCANAAN DIKLAT MELALUI AKD

PENGENDALIAN MUTU PERENCANAAN DIKLAT MELALUI AKD

Oleh : I Wayan Iwantara, S.Si., M.Pd

Abstrak

Penelitian bertujuan  untuk mendeskripsikan tahapan pelaksanaan Analisis Kebutuhan Diklat sebagai bagian dari pengendalian mutu perencanaan diklat. Responden penelitian ini adalah 1 Staf Tenaga Teknis Balai Diklat Keagamaan Denpasar. Data yang diperoleh yaitu data laporan pelaksanaan AKD Tahun 2018. Metode pengumpulan datanya dengan studi dokumentasi dengan instrumennya daftar check list. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan melihat deskripsi pelaksanaan AKD pada laporan pelaksanaan AKD. Hasil Penelitian menunjukkan pelaksanaan AKD sebagai bagian pengendalian mutu perencanaan diklat sudah sudah berjalan sesuai rujukan pelaksanaan AKD, yang mencakup 5 tahapan, yaitu 1) Tahap persetujuan dan kesiapan manajemen, 2) Tahap membaca lingkungan kerja organisasi, 3) Tahap memfokuskan  pada kesenjangan dan kebutuhan diklat, 4) Tahap perencanaan untuk pelaksanaan diklat dan 5) Tahap pelaporan ke manajemen. Rekomendasi penelitian ini, yaitu Agar hasil Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) ditindaklanjuti oleh Balai Diklat Keagamaan Denpasar, yaitu menyelenggarakan program diklat Tahun 2019  berdasarkan hasil AKD dengan mempertimbangkan skala prioritas

Kata Kunci : Pengendalian, mutu, perencanaan, AKD