Model Project Based Learning
  • 19 Juni 2020
  • 4480x Dilihat
  • Berita

Model Project Based Learning

Guru merupakan ujung tombak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru profesional harus mampu mendesain pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi dan semangat belajar siswa. Pemilihan model dan strategi pembelajaran yang  tepat menjadi salah satu solusinya. Strategi,model dan metode serta pendekatan pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan efisien  dan tercapailah tujuan pembelajaran.
 
Project Based Learning
Salah satu model yang direkomendasikan dalam pembelajaran kurikulum 2013 adalah model pembelaraj Project Based Learning, yaitu model pembelajaran yang menjadikan proyek, kegiatan atau masalah sebagai media utama pembelajaran, siswa akan bereksplorasi, melakukan penilaian, interpretasi dengan mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Pembelajaran ini dirancang untuk digunakan pada permasalahan kompleks sehingga siswa harus melakukan investigai untuk memahaminya. Demikian kesimpulan dari definisi model pembelajaran Project Based Learning yang disajikan dalam video pembelajaran DDJ Model-model pembelajaran oleh WI BDK DenpasarI Wayan AryaAdnyana, S.Ag. M.Pd.H.
 
Selanjutnya melalui forum diskusi Arya menjelaskan bahwa Project yang dimaksud dalam model pembelajaran ini terdiri dari: 1) Proyek produksi yang meli batkan penciptaan seperti buletin, video, program radio, poster, laporan tertulis, esai, foto, surat-surat, buku panduan, brosur, menu  banquet, jadwal perjalanan, dan sebagainya; 2) Proyek kinerja seperti pementasan, presentasi lisan, pertunjukan teater, pameran makanan atau  fashion show ; 3) Proyek organisasi seperti pembentukan klub, kelompok diskusi, atau program-mitra percakapan.
Proyek ini merupakan suatu kegiatan yang rumit ehingga siswa membutuhkan waktu yang panjang untuk menyelesaikannya di luar kelas.