IKUTI PELATIHAN IKM, KEPALA KANKEMENAG LOTENG BERHARAP GURU BISA BERKREASI DAN BERINOVASI
  • BDK Denpasar
  • 7 Juni 2023
  • 100x Dilihat
  • Berita

IKUTI PELATIHAN IKM, KEPALA KANKEMENAG LOTENG BERHARAP GURU BISA BERKREASI DAN BERINOVASI

Selasa, 07/06

Balai Diklat Keagamaan Denpasar menggelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas Angkatan III Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah. Pelatihan ini digelar selama enam hari terhitung dari tanggal 05 sampai dengan 10 Juni 2023.

Diikuti oleh 40 orang unsur dan pihak-pihak terkait yang mendukung Implementasi Kurikulum Berbasis Merdeka (Kepala Madrasah, guru, pengawas, dosen, pihak Kankemenag Kab. Lombok Tengah), pelatihan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, Drs. H. Nasrullah, M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kabupaten Lombok tersebut mengucapkan terimakasih atas program pelatihan yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah. Pelatihan ini menjadi sebab dapat bertemu dan bersilaturahminya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah dengan para pihak atau unsur terkait yang mendukung implementasi kurikulum merdeka. Pihak atau unsur terkait tersebut antara lain dari unsur Kepala Madrasah, guru, pengawas, dosen dan perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah.

Nasrullah menambahkan bahwa peran sentral guru sebagai manajer pembelajaran dalam kelas belum dapat tergantikan dengan teknologi artifisial secanggih apapun. Hal ini karena kehadiran guru secara fisik di dalam ruang kelas merupakan representasi dari narasi besar tentang keseluruhan proses pembelajaran dalam berbagai relasi dan interaksi yang ada di dalamnya.

Lebih lanjut lagi, Nasrullah menambahkan Profesi guru merupakan profesi yang mulia karena ilmu yang disampaikan akan bermanfaat/ karena mengamalkan ilmu nya secara terus menerus, selain itu guru juga menyedekahkan ilmunya dengan cara mendidik, mengajar dan membimbing siswa nya.

Guru juga harus mengembangkan dirinya secara kontinyu dan beradaptasi dengan perubahan, agar perannya tidak tereliminasi oleh kecanggihan teknologi. Guru juga harus mengupdate diri dengan mempelajari berbagai hal baru dalam dunia pendidikan dan menerapkannya di dalam ruang ruang kelas ungkap Nasrullah

Diakhir pengarahan, Kepala Kantor Kemenag Lombok Tengah tersebut berpesan kepada peserta agar fokus mengikuti pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka agar para peserta pelatihan mengaplikasikan di tempat tugasnya masing masing. Dengan mengikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, guru bisa berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan kondisi kelas yang aman dan nyaman.

Selama pelatihan, para peserta memperoleh materi dari Widyaiswara BDK Denpasar Dr. Hj. Sifa, M.Pd.I., M.Pd dan Wachidun, S.Pd., M.Pd serta didampingi oleh panitia penyelenggara, Fenty Herlina Sari, I Gusti Ayu Ekaningsih, dan Ni Made Dwi Kusumawardani