
AKP dan EPP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur
(Sabtu, 04 Desember 2021)
Pelaksanaan Analisis Kebutuhan Pelatihan dan Evaluasi Pasca Pelatihan di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur dilaksanakan mulai tanggal 1 s.d. 4 Desember 2021. Pelaksanaan AKP dan EPP diawali dengan melaksanakan perjalanan dinas dari Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Internasional Lombok. Pada hari kedua tanggal 2 Desember 2021 dilanjutkan dengan pelaksanaan Analisis Kebutuhan Pelatihan di Kantor Kementerian Agama Kabupeten Lombok Timur. Tim AKP dan EPD Balai Diklat Keagamaan Denpasar tiba di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur dan diterima oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur dan Kasubbag Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur.
Pada saat pelaksanaan AKP yang dilaksanakan secara Focus Group Discussion (FGD), Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur memberikan arahan dan meminta kesediaan semua peserta AKP untuk bersungguh-sungguh mengisi kuesioner secara online yang tautannya sudah dibagikan lewat bagian kepegawaian Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Harapannya adalah agar dapat terpetakan kompetensi ASN Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur terutama kompetensi yang masih harus ditingkatkan untuk menunjang peningkatan kinerja individu dan organisasi. Kesenjangan kompetensi yang terpetakan inilah menjadi dasar bagi Balai Diklat Keagamaan Denpasar untuk menyelenggarakan pelatihan yang memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi ASN di Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur.
Selanjutnya Tim AKP dan EPP yang diwakili oleh Ni Made Nuadi, SH., MH memberikan penjelasan pengisian kuesioner AKP oleh Tim Pelaksana AKP dan EPP Balai Diklat Keagamaan Denpasar. Penjelasan ini dilakukan hanya sebagai cara untuk meyakinkan kesesuaian data yang diiput peserta AKP dan memberikan penjelasan pada peserta yang belum mengisi. Setelah peserta mengisi kuesioner AKP tersebut, petugas tim AKP Balai Diklat Keagamaan Denpasar, yaitu I Wayan Iwantara, S.Si., M.Pd dan Sofil Fuat, S.HI memverifikasi hasil isian kuesioner untuk memastikan data yang telah diinput oleh peserta sudah terekam oleh sistem.
Pada hari ketiga, Jumat 3 Desember 2021 dilaksanakan Evaluasi Pasca Pelatihan di MI NW Kalijaga Lombok Timur. Tim EPP BDK Denpasar diterima oleh Kepala MI NW Kalijaga. Perwakilan Tim EPP BDK Denpasar dalam hal ini, Ni Made Nuadi, SH., MH mohon ijin kepada Kepala MI NW Kalijaga untuk melaksanakan EPP. Pada kesempatan tersebut Ni Made Nuadi, SH., MH menyatakan bahwa maksud dilaksanakan EPP ini adalah agar dapat diketahui dampak dari pelaksanaan pelatihan yang sudah diselenggarakan efektif dan bermanfaat atau dirasa masih kurang dari sisi kebermanfaatannya. Diharapkan kontribusi seluruh peserta beserta atasan dan siswa yang ditunjuk untuk bisa memberikan penilaian secara lebih objektif. Hasil kuesioner yang telah diisi juga sebagai feedback bagi BDK Denpasar untuk berbenah, memperbaiki sisi pelayanan pembelajaran sehingga hasilnya bisa dirasakan secara lebih efektif baik bagi alumni, binaan alumini maupun organisasi.
Terkait hal tersebut, Kepala MI NW Kalijaga menyambut maksud dan tujuan program AKP dan EPP serta menginformasikan kepada tim bahwa telah mengetahui informasi tersebut dan meneruskannya kepada para guru MI NW Kalijaga. Dalam kesempatan tersebut, Kepala MI NW Kalijaga juga sudah menginformasikan bahwa sebagian peserta AKP yang ditunjuk sudah mengisi link kuesioner yang sudah dibagi dan mempersilahkan tim EPP untuk memverifikasi data yang sudah masuk. Pada saat verifikasi oleh Tim EPP didapatkan beberapa data yang belum lengkap, terutama data yang harus diisi oleh teman sejawat guru, siswa dan atasan guru. Pada kesempatan tersebut tim EPP memfasilitasi proses pengisian instrumen dan secara bersamaan mengecek data yang sudah masuk. Setelah data terselesaikan semuanya, tim mempersilahkan peserta EPP untuk mengisi daftar hadir dan setelah data yang diperlukan sudah terkumpul semua tim EPP mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan batuan peserta.