Menggali khasanah ilmu di City of Tolerant: studi terap Zona Integritas
  • BDK Denpasar
  • 8 Desember 2022
  • 100x Dilihat
  • Berita

Menggali khasanah ilmu di City of Tolerant: studi terap Zona Integritas

Kasubbag Tata Usaha Balai Diklat Keagamaan Denpasar H. Ngapirin, S.Ag, MM beserta Tim Zona Integritas BDK Denpasar mengadakan Studi Terap Zona Integritas ke Kantor Kementerian  Agama Kota Yogyakarta.

Dalam kunjungan ini tim BDK Denpasar diterima oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, H. Nadhif, M.SI., Kasubbag TU, Dra. Hj. Noor Imanah, M.S.I, Penyelenggara Katolik, Alexander Budisuwarno, S.Pd., M.M. serta Tim Zona Integritas Kemenag Kota Yogyakarta. 

Dalam sambutannya H. Ngapirin, S.Ag., MM memaparkan maksud kunjungan yakni untuk bersilahturahmi dan  benchmarking studi terap terkait Zona Integritas.  Ia juga menyampaikan terimakasih atas penerimaan BDK Denpasar sekaligus pemberian kesempatan untuk mengetahui secara detail terkait Zona Integritas di Kemenag Kota Yogyakarta, walaupun di tengah kesibukan Kantor Kemenag Kota Yogyakarta. Diharapkan dari pertemuan ini,  tim dari BDK Denpasar dapat belajar dan mengambil ilmu sehingga dapat mencapai zona integritas WBK WBBM. 

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta menerima silaturahmi kunjungan dari BDK Denpasar, Nadhif menyebut Bali memiliki banyak kesamaan dengan Yogyakarta sebagai kota pariwisata dan kota budaya.  Khasanah masyarakat Yogyakarta harmonis, tentram dan  damai dinobatkan sebagai city of tolerant. Nadif berharap kegiatan studi terap yang dilakukan oleh BDK Denpasar mendapatkan manfaat sesuai yang diharapkan.

Sesi pemaparan, diawali oleh Kasubbag TU Kemenag Kota Yogyakarta dengan penjelasan proses ZI dirilis mulai tahun 2016. Pada tahun 2018 Kankemenag Kota Yogyakarta maju penilaian ZI dengan 2 inovasi, yakni PTSP dan Pelayanan Haji Terintegrasi. Ia pun menyebut dengan berbagai potensi yang dimiliki, optimis BDK Denpasar bisa mencapai WBK WBBM dengan lebih mudah. "Integritas, tolak gratifikasi dan semangat memberikan pelayanan prima adalah inti dari pembangunan ZI," tegas Noor Imanah. 

Pemaparan selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh tim zona integritas Kankemenag Kota Yogyakarta oleh Annisa Kurniasari, S.T. Dari tanya jawab yang dilakukan diperoleh bahwa inti dari zona integritas adalah output dari pekerjaan kita, adanya  integritas dan kebermanfaatan bagi pengguna layanan eksternal.