IKUTI PELATIHAN, ASN KANKEMENAG KARANGASEM SIAP JADI AGEN MODERASI BERAGAMA YANG MUMPUNI
  • BDK Denpasar
  • 11 April 2023
  • 92x Dilihat
  • Berita

IKUTI PELATIHAN, ASN KANKEMENAG KARANGASEM SIAP JADI AGEN MODERASI BERAGAMA YANG MUMPUNI

Selasa, 11/04

Amlapura, Bali

Moderasi beragama merupakan program prioritas Kementerian Agama yang gencar digalakkan beberapa tahun terakhir. Keberagaman yang ada di Indonesia bukan tidak mungkin dapat memicu konflik, sehingga hadirnya Moderasi Beragama menjadi jembatan untuk memberikan pemahaman terkait cara beragama yang moderat.

 

Dalam mendukung upaya pemerintah tersebut, Balai Diklat Keagamaan Denpasar menggelar Pelatihan bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem menggelar Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Angkatan X Kementerian Agama Kabupaten Karangasem.


Pelatihan dibuka secara langsung oleh Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karangasem, Drs. I Wayan Lipur, M.Si. Dalam arahannya, Plt Kepala mengharapkan ASN Kemenag Karangasem bergerak untuk menjadi agen-agen Moderasi Beragama yang mumpuni dan berwawasan luas.

Lebih lanjut lagi, I Wayan Lipur menegaskan bahwa Moderasi Beragama merupakan gerakan bersama Kementerian Agama Pusat dan Daerah sehingga perlu adanya gerakan yang masif untuk mensukseskan gerakan nasional tersebut.

Pelatihan ini diikuti oleh 54 peserta yang merupakan Guru Agama dan Penghulu di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem. Pelatihan digelar selama enam hari dimulai dari tanggal 10 sampai dengan 15 April 2023. Selama pelatihan, peserta memperoleh materi dari Widyaiswara BDK Denpasar Dr. I Wayan Arya Adnyana, M.Pd.H dan Ulin Umi Azmi, M.S.I. Selain itu peserta didampingi tiga orang panitia penyelenggara, Ni Luh Yunita Dastrini, Ida Bagus Putu Sastrawan, dan Gusti Made Wahyu Dinata.