Diskusi tentang Penyederhanaan RPP
  • 16 Januari 2020
  • 973x Dilihat
  • Berita

Diskusi tentang Penyederhanaan RPP

Pada hari Kamis, tanggal 16 Januari 2020 dilaksanakan diskusi intern WI untuk membahas tentang issue yang mengemuka, yaitu “Penyederhanaan RPP”Pelaksanaan diskusi ini dibuka oleh Koordinator Widyaiswara kemudian diserahkan kepada Pokja Diskusi dan Penalaran untuk memandu pelaksanaan diskusi. Peserta yang hadir pada diskusi ini yaitu sejumlah 19 orang yang berasal dari seluruh widyaiswara teknis pendidikan dan keagamaan. Pelaksanaan diskusi ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi sesam widyaiswara khususnya teknis pendidikan tentang penyederhanaan RPP sehingga pemahaman meningkat dan dapat lebih memantapkan langkah widyaiswara khususnya widyaiswara pengampu Diklat Teknis Substantif Penyusunan RPP. Pelaksanaan diskusi diawali dengan penayangan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP. Adapun beberapa point yang menjadi kesepakatan bersama yaitu :

·         Ada tiga komponen inti dalam penyusunan RPP, yaitu : 1) Tujuan Pembelajaran, 2) Langkah/Kegiatan Pembelajaran, 3) Penilaian. Sedangkan komponen yang lain dianggap sebagai komponen penunjang.

·         Tidak ada format baku yang disampaikan ke guru untuk digunakan dalam menyusun RPP. Format yang digunakan dapat dipilih dengan menggunakan format sesuai prinsif efisien, efektif dan berorientasi pada peserta didik, bisa juga menggunakan format rpp yang sudah dimilikinya

·         Pemberian contoh boleh diberikan tapi hanya sebagai cara memantapkan pemahaman pemateri terkait penyederhanaan RPP, namun contoh itu tidak bisa dijadikan rujukan baku dalam menyusun RPP. Guru bisa memilih format RPP yang digunakan. Bisa Menggunakan format lama atau format baru sesuai penyederhanaan RPP.

·         Pada tujuan pembelajaran munculkan KD dan IPK

·         Pada kegiatan pembelajaran munculkan pendekatan saintifik, atau bisa juga sintak model pembelajaran.

·         Asesmen : kegiatan mengukur ketercapaian IPK

·         RPP 1 lembar diperuntukkan untuk sekali pertemuan

·         RPP dapat dikemasn menjad1 lembar namun penyederhanaan terseebut harus berdasarkan pemahaman prasyarat yang dimiliki oleh guru.

·         Contoh penulisan tujuan pembelajaran

MI : langsung mengarah ke KKO

MTs : melalui……, siswa dapat

MA : tujuan dirumuskan dengan mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan