Top
    badiklatdenpasar@kemenag.go.id
0811398660

Upaya menghasilkan guru–guru yang mempunyai kualitas yang hebat untuk menghasilkan anak didik yang punya pemikiran tinggi

Minggu, 22 Mei 2022
Kategori: Berita
92 kali dibaca

(Jumat, 20 Mei 2022) 

Penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam pembelajaran merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Peningkatan kemampuan berpikir peserta didik pada level yang lebih tinggi, terutama bagaimana berpikir secara kritis, kreatif, serta mampu memecahkan masalah dengan pengetahuan yang dimiliki menjadi tujuan utama dalam penerapan HOTS. Untuk menerapkan HOTS pada peserta didik, para tenaga pendidik harus memiliki kompetensi terkait penilaian pembelajaran berbasis HOTS. Sejalan dengan hal tersebut, Balai Diklat Keagamaan Denpasar menggelar Pelatihan Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS Angkatan VI di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 10 hari yang terbagi menjadi dua sesi yakni tatap muka (offline) berlangsung dari tanggal 17 sampai dengan 21 Mei 2022 dan secara daring (online) yang berlangsung dari tanggal 23 sapai dengan 27 Mei 2022. Kegiatan pelatihan secara tatap muka berlangsung di  Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba membuka acara pelatihan secara resmi. Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kabupaten Gianyar tersebut mengapresiasi pelaksanaan pelatihan pembelajaran berbasis HOTS bagi para tenaga pendidik untuk menghasilkan guru – guru yang mempunyai kualitas yang hebat untuk menghasilkan anak didik yang punya pemikiran tinggi. 

Lebih lanjut lagi, Mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung tersebut menegaskan bahwa jika ditelaah Pelatihan – Pelatihan seperti ini erat kaitannya dengan kehidupan beragama, Pendidikan yang bagus tentu menghasilkan kehidupan yang baik. Untuk menghasilkan anak didik yang berkelas dan memiliki kemampuan yang tinggi maka Balai Diklat memiliki peranan yang sangat penting untuk melatih guru – guru ini agar memiliki integritas yang tinggi dalam mendidik anak – anak didiknya.

Di akhir sambutan Ida Bagus Made Oka berpesan kepada para peserta bahwa dalam pelaksanaan Pembelajaran kita harus  berpikir bagaimana kedepannya supaya terus bisa melahirkan generasi – generasi hebat yang juga memiliki ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa tidak hanya untuk saat ini tapi juga untuk tahun – tahun kedepannya.

Pelatihan Penilaian Pembelajajaran Berbasis HOTS Angkatan VI ini diikuti oleh Guru MTs, MA dan Guru Penda SMP, SMA/K yang teridiri dari guru PNS dan Non PNS. Selama pelatihan, para peserta akan memperoleh materi dari Widyaiswara BDK Denpasar, Dra. Hj. Sifa., M.Pd.I., M.Pd dan Amalia Puspayanti, S.Si., M.Pd, serta didampingi oleh tiga orang panitia penyelenggara, yakni Deddy Nur Prasetya, S.T., MAP., Ni Kadek Ceryna Dewi, S.Kom. dan I Nyoman Sutama.

 

Penulis : unknown


Berita Terkait

ARSIP