Selasa, 28 November 2017 - 12:12:27

Diklat Teknis Substantif Materi IPA MTs


    Sains atau biasa dikenal dengan sebutan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) merupakan salah satu materi pembelajaran yang ada di madrasah, baik Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah Maupun Aliyah. Bahkan IPA termasuk mata pelajaran yang diujian nasionalkan sehingga IPA dipandang sebagai mata pelajaran yang dianggap penting untuk tidak dinomorduakan. Hasil studi TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study),  menunjukkan siswa Indonesia berada pada ranking 36 dari 49 negara dalam hal melakukan prosedur ilmiah. Dalam 10 tahun terakhir ini hasil PISA dan TIMSS selalu beriringan dan berjalan di tempat. Tentunya ini mendorong kita untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kita.

     Pembelajaran IPA merupakan bagian integral dari upaya meneguhkan keimanan dan meningkatkan ketaqwaan siswa melalui pembelajaran dan penelitian ayat-ayat kauniyah. Oleh sebab itu guru sebaiknya mengaitkan dan mengintegrasikan keimanan dan ketaqwaan dalam pembelajaran IPA sehingga pembelajaran IPA di madrasah benar-benar mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa pada Allah SWT. Untuk itulah sebagai lembaga yang dipercaya oleh Kementerian Agama untuk mendiklat guru-guru madrasah termasuk guru mapel IPA MTs, Balai Diklat Keagamaan Denpasar mengadakan Diklat Teknis Substantif Materi IPA MTs untuk wilayah Provinsi Bali, NTB dan NTT.

     Diklat Teknis Substantif Materi IPA MTs Di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, NTB dan NTTini berlangsung dari tanggal 25 September sampai dengan tanggal 1 Oktober  2017 yang bertempat di Balai Diklat Denpasar. Jumlah jam pelajaran kelompok dasar dalam diklat ini = 12 JP, kelompok inti = 50 JP, dan kelompok penunjang = 10 JP. Kelompok materi inti diawali dengan Analisis Kasus Pembelajaran IPA MTs dimana peserta diajak untuk menganalisis kasus-kasus yang muncul dalam pembelajaran IPA serta menelisik adanya miskonsepsi dalam pembelajaran IPA, yang disusul dengan pendalaman materi-materi inti lainnya seperti  : Atom, Ion dan Molekul , Sistem Rreproduksi, Listrik dan Medan Magnet, Pewarisan Sifat dan Bioteknologi, dimana peserta diajak untuk lebih mengekplor lebih jauh materi-materi tersebut agar bisa tersaji dengan mudah dan menarik. Selanjutnya peserta diajak bagaimana mendesain suatu materi pembelajaran dalam model-model pembelajaran yang dikemas dalam mata diklat  Penerapan Model-model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran IPA, seiring dengan perkembangan media dan teknologi peserta juga dibekali bagaimana merancang instrumen penilaian dan membuat media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang disajikan dalam mata diklat Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran IPA Berbasis Games dan Kuis, Pembuatan Media pembelajaran IPA Interaktif Berbasis IT. Selama proses pembelajaran banyak tugas-tugas yang harus dikerjakan agar pengetahuan dan ketrampilan peserta diklat terasah. Alhamdulillah setelah melalui perjuangan yang berat selama tujuh hari peserta dapat menyelesaikan seluruh rangkaian diklat dengan lancar dan dinyatakan lulus 100%.

     Pada akhir kegiatan diklat, widyaiswara pengampu Bapak Haris dan Iwan  memberikan tugas kepada peserta dalam bentuk ana tindak lanjut yakni membuat peta konsep untuk satu pokok bahasan, perancangan saintifik, perancangan rencmodel pembelajaran, perancangan instrument penilaian, membuat Lembar Kerja Siswa ( LKS ) sampai membuat RPP nya.

Oleh : Haris Budi Santosa, S.Pd., M.Pd | Admin : I Wayan Iwantara, S.Si., | Selasa, 28 November 2017 | Dibaca : 41 Pengunjung

Berita yang lain

Jumat, 29 Desember 2017 - 14:26:02 | Dibaca : 41 Pengunjung

Focus Group Discussion (FGD)


Jumat, 29 Desember 2017 - 12:34:57 | Dibaca : 35 Pengunjung

Evaluasi Pasca Diklat


Kamis, 30 November 2017 - 11:00:00 | Dibaca : 44 Pengunjung

Diklat Teknis Substantif Metodologi Pembelajaran Bagi Dosen


Kamis, 30 November 2017 - 10:05:00 | Dibaca : 45 Pengunjung

PENUTUPAN DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV ANGKATAN XVIII TAHUN 2017


Selasa, 28 November 2017 - 11:36:09 | Dibaca : 14 Pengunjung

Diklat Teknis Substantif Materi IPA MTs


Cari Berita

Foto Kegiatan

Video Kegiatan

Jajak Pendapat

Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi Balai Diklat Denpasar Kementrian Agama RI?
Sangat Bagus
Bagus
Kurang Bagus
Jelek
Hasil Voting

Kontak Informasi

Balai Diklat Keagamaan Denpasar
Jl. Raya Mengwi KM 14 Bringkit, Mengwitani, Kab.Badung, Prov. BALI
Telp : 0811398660
Fax : 0361-815155
Email : badiklatdenpasar@kemenag.go.id

Statistik Pengunjung

556357
Pengunjung hari ini : 11
Total pengunjung : 88454

Hits hari ini : 36
Total Hits : 556357

Pengunjung Online: 1


Ikuti Kami

Copyright © 2015 Balai Diklat Denpasar Kementerian Agama RI. All Right Reserved.